Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menangkap Ikan Mungkus

Hallo teman-teman semua, pada kesempatan siang hari ini admin akan berbagi pengalaman tentang cara penangkapan ikan mungkus. Bagi anda yang hobi berburu ikan di air tawar / sungai tentu sudah pernah mendengar nama ikan yang satu ini, karena hampir setiap perairan yang jernih berbatuan ditempati oleh ikan mungkus. Umunya ikan ini sangat banyak ditemukan pada perairan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Bagi anda yang tinggal di wilayah kecamatan Koto XI Tarusan, kabupaten Pesisir Selatan tentu sudah akrab dengan nama ikan ini. Nah untuk anda yang belum mengenalnya akan saya jelaskan seperti apa ikan mungkus tersebut. Ikan mungkus adalah ikan yang suka menempel dibatu menggunakan cupak yang ada diperutnya. Besar ikan ini hanya mencapai empu kaki orang dewasa.



Untuk bertahan hidup ikan ini hanya memakan lumut yang menempel dibatu. Sewaktu-waktu ikan ini akan menghilang apabila lumut yang ada diperairan sudah tercemar oleh limbah. Dikampung saya ikan ini terkenal dengan kebersihanya. Karena ikan ini tidak memakan apa-apa selain lumut yang masih segar. Maka dari itu ikan mungkus ini tidak bisa didapatkan dengan cara memancing.

Baiklah berhubungkan artikel ini saya buat dengan judul "Cara Menangkap Ikan Mungkus" maka penjelasan tentang ikan ini hanya sedikit saja. dan saya akan lanjutkan postingan ini tentang judul yang telah saya tuliskan diatas. Berikut dibawah ini adalah selangkapnya cara menangkap ikan mungkus dari saya.

Cara Menangkap Ikan Mungkus Air Tawar

1. Menangkap menggunakan jala

- pertama anda harus menggunakan jala sesui ukuran ikan ini
- kedua cara menngunakan jala tersebut anda cukup melingkari batu didalam air berkedalaman setinggi pinggul yang mana menurut anda didalamnya ada ikan mungkus.
- Setelah melingkari dengan jala silahkan anda goyangkan atau bongkar batu tersebut. Jika ada ikan didalamnya maka dia akan kaget dan lari, sehingga terkena dijala yang melingkari batu tadi. dan gunakan kaca selam untuk melihat ikan yang kena / menyakut pada jala tadi.

2. Menangkap Menggunakan speargun / pan*h ikan

- Menangkap ikan mungkus menggunakan speargun / panah dapat anda lakukan dengan cara menyelamkan kepala kedalam air menggunakan kaca selam untuk melihat ikan tersebut. Ikan ini akan mudah anda dapatkan disela-sela batu dengan mene*bakan speargun / pan*h.

Baiklah mungkin hanya ini yang dapat saya jelasakan mengenai pengalaman saya Cara Menangkap Ikan Mungkus. Mudah-mudahan bermamfaat. dan silahkan isi kolom komentar dibawah jika ada pertanyaan.

Post a Comment for "Cara Menangkap Ikan Mungkus"