Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Jaring Ikan

Jaring merupakan salah satu alat penangkap ikan tradisional. Cara penangkapan ikan dengan jaring yaitu, dengan merentang dipermukaan air. Nah, hal semacam ini selalu dilakukan olah warga yang tinggal dipesisir pantai untuk menangkap ikan sebagai mata pencarian.

Selain itu, menjaring juga bisa dilakukan disungai, danau, dan air tawar. Walaupun begitu, namun untuk membuat jaring tidaklah mudah. Membuat jaring sama hal nya dengan membuat sebuah jala ikan. Tapi jaring tidak disatukan seperti jala.


Dalam pembuatan jala kita perlu membuat turang atau mata tambahan, supaya jala tersebut mengembang, namun untuk membuat jaring kita tidak perlu membuat turang. Itulah perbedaan membuat sebuah jala dengan jaring. Bagi anda yang ingin membuat jaring saya akan coba menjelaskannya pada berikut dibawah ini.

Cara Membuat Jaring Ikan:

1. Buat dulu pang dari bambu sesuai ukuran mata jaring yang anda inginkan.

2. Sediakan benang dan tingau untuk membuat jaring.

3. Siapkan tali bantu untuk pertama membuat mata jaring.

4. Silahkan membuatnya dengan memasukan benang ke tali bantu.

5. Setelah itu paskan dengan pang jaring, baru di ikat atau di buhur.

6. Dan begitu juga seterusnya sampai jaring tersebut panjang.

Begitulah cara membuat sebuah jaring. Menurut saya sulit rasanya membuat sebuah jaring atau jala hanya mengetahui cara dengan teori. Jadi sebaiknya anda harus belajar dengan mempraktekan langsung kepada ahli pembuat jaring.

Baiklah, saya rasa sampai disini dulu postingan kali ini. Jika anda merasa agak bingung dengan teori berikut diatas, harap dimaklumi saja. Karena belajar membuat jaring harus dilakukan secara langsung (pratek) dengan ahlinya. Semoga teori yang saya jelaskan diatas bermafaat juga buat kita semua.

Post a Comment for "Cara Membuat Jaring Ikan"