Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Umpan Jitu Ikan Garing / Ikan Semah

Memancing adalah hobi yang sangat menguntungkan jika mendapatkan banyak ikan. Apalagi ikan yang didapatkan mempunyai nilai jual yang tinggi. Seperti di kampung saya ada beberapa orang hanya bergantung pada pancingan buat mencari nafkah keluarganya. Berhubungan dikampung/tempat saya tinggal ikan disungainya masih banyak dan harga jualnya cukup tinggi.

Ikan yang sering diburu oleh pemancing dikampung saya adalah ikan garing. Karena ikan ini banyak sekali disukai oleh masyarakat sekitar. Nah, bagi anda yang sering memancing disungai tentu anda sudah akrab dengan nama ikan garing. Karena ikan ini hampir ada disemua wilayah atau daerah yang memiliki sungai jernih dan berbatuan.

Jenis ikan garing ini hampir sama bentuknya dengan ikan tawes, namun ikan garing besarnya bisa mencapai lebih kurang 10 Kg. Didaerah kerici masyarakat setempat menyabut ikan garing dengan nama ikan semah.

Sewaktu saya bekerja di kota Kerinci banyak sekali para pemancing ingin mendapatkan ikan tersebut. Karena harga jualnya untuk 1 Kg ikan semah Rp 100.000 bayangkan jika mendapatkan ikan tersebut dengan ukuran besar 5 Kg/lebih.

Walaupun begitu tentu tidak semudah yang anda bayangkan karena untuk mendapatkan ikan tersebut perlu perjuangan dengan rela menghabiskan waktu sehari-hari menunggu ikan tersebut memakan pancing. Terkadang dalam sehari pemancing hanya bisa mendapatkan ikan ini 1/2 bahkan tidak ada sama sekali. Nah itu semua tergantung rezki kita.

Jika rezeki kita baik terkadang bisa mendapatkan ikan tersebut dengan banyak diluar pemikiran. Sebaliknya jika hanya menghandalkan rezeki agar menadapatkan ikan mustahil rasanya apabila tidak diiringi dengan Do'a dan umpan yang disukai oleh ikan tersebut.

Tak mungkin rasanya mendapatkan ikan saat memancing menggunakan umpan yang tidak disukainya lalu anda hanya berharap pada rezeki tanpa mencari tahu umpan apa yang disukai oleh ikan yang akan anda pancing.

Baiklah maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang umpan jitu yang pernah saya gunakan buat memancing ikan garing/ikan semah. berikut dibawah ini adalah selengkapnya umpan jitu ikan garing dari saya.

Umpan Jitu Ikan Garing / Ikan Semah


1. Buah Kelapa Sawit
buah kelapa sawit merupakan buah yang banyak disukai oleh ikan pada umumnya ikan air tawar. Buah sawit ini menurut saya paling jitu digunakan buat memancing ikan garing besar. Gunakan satu biji buah sawit yang sudah matang buat memancing ikan garing diatas 1 Kg.

Untuk memancing ikan garing kecil anda juga bisa menggunakan buah sawit yang matang dengan mengaluskannya menggunakan batu/benda lainnya, dan ambil kulitnya buat umpan.

2. Kacang Tanah
kacang tanah juga bisa digunakan sebagai umpan jitu saat kondisi sungai lagi bersih dan jernih. Sebelum menggunakannya anda harus membiasakan memberi ikan dilokasi pemancingan kacang. Setelah ikan tersebut sudah biasa makan kacang baru anda pancing.

3. Buah Kemeri
buah kemeri merupakan buah yang sangat jitu untuk memancing ikan garing yang besar. Jika belum pernah mencobanya silahkan anda coba. Buah ini dapat anda gunakan sebagai umpan jitu pada kondisi sungai jernih dan bersih.

Baiklah mungkin demikian dulu postingan kali ini. beberapa umpan yang saya tuliskan diatas telah teruji jitunya. Jika ada pertanyaa silahkan langsung saja komentar dibawah ini sesuai judul artrikel.

Post a Comment for "Umpan Jitu Ikan Garing / Ikan Semah"