Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk Ikan Garing

Pantang Pulang - Hallo teman-teman semua kali ini saya akan mengulas tentang ikan garing dan bentuknya. Mungkin nama ikan ini sudah tak asing lagi bagi kalangan pemancing disungai / air tawar. Karena ikan ini beradaptasi pada sungai yang airnya bersih dan banyak berbatuan besar. Selain itu, ikan garing adalah ikan yang banyak digemari oleh orang karena dagingnya yang enak dan gurih ini menyebar di Asia Tenggara. dan beberapa nama lokal ikan ini diantaranya adalah gariang (Sumatra Barat); semah (Jambi / Kerinci); sapan (Kalteng); tamra, hampal (Jawa Barat). Nah itulah diantaranya nama ikan lokal ini.


Jenis / Bentuk Ikan Garing

Bentuk ikan gariang adalah ikan yang berukaran sedang hingga besar. dan panjang tubuhnya standar mencapai lebih kurang 700 mm. dan sementara panjang kepalanya 3,6-3,8 sebanding dengan panjang standarnya. Bibir ikan garing agak tebal, lebar, menggembung, dan menerus. Sedangkan bagian bibir atas semacam pelebaran dibagian depan. dan bibir bawah berbentuk lobus yang menutupi dagu.

Bagian sirip ikan garing disertai oleh 8-9 sisik dari belakang kepala. Kira-kira sisik ini sejajar dengan sisik ke 7 atau yang lainnya. Untuk warna ikan ini sebelah atas bewarna zaitun, dan sebelah bawanya bewarna perak., bentuk secara keseluruhan terlihat hijau jingga. Bagian sirip ikan garing bewarna kuning kebeningan atau agak jambon. dan sering berbintik-bintik gelap.

Nah begitulah sekiranya bentuk ikan garing menurut penjelasan saya. Memang ikan ini cukup terkenal dan banyak disukai oleh orang karena ia menyebar di Asia Tenggar diantaranya Laos, Thailand, Burma, Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Contoh lokasi ikan gariang menyebar dipulau Sumatra seperti di Padang, Kerinci, Jambi, Solok, Payakumbuh, Sijunjung, Peisir Selatan.

Baiklah mungkin sampai disini dulu postingan saya kali ini. Jangan lupa mampir dipostingan lainnya tentang cara memancing ikan garing, dan lainnya seputar spot mancing. Untuk kunjungannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Post a Comment for "Bentuk Ikan Garing"