Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Membuat Jala Ikan


Jala adalah sebuah alat tangkap ikan yang banyak digunakan oleh masyarakat yang umumnya tinggal dipesisir pantai, danau, dan sungai. Nah pasti kalian sudah pernah melihat orang menjala ikan baik di sungai maupun dilaut atau dirawa, namun setiap jala yang digunakan pasti berbeda-beda ukuran tergantung dimana lokasi tempat mejalanya.  Menjala ikan di air laut pasti orang-orang menggunakan jala dengan ukuran jumbo atau besar. Karena dilaut tidak ada keterbatasan untuk mengembangkan sebuah jala intinya lebih besar lebih baik.

Nah hal berikut sangat berbeda sekali jika dibandingkan menjala ikan di air sungai. Karena di sungai memiliki beberapa keterbatasan menjala seperti, lokasi sungai yang sempit, dan berbatuan besar-besar. Oleh karena itu tentu kita harus menyesuaikan ukaran jala yang akan dibawa beraksi.

Pertama sekali memperhatikan mata jala sebesar apa target ikan yang akan diburu. Jika mata / lubang jala terlalu besar sedangkan ikan disungai kecil-kecil tentu tidak akan bisa mendapatkannya dengan jala tersebut. Jadi untuk itu mata jala juga disesuaikan juga dengan ukuran ikan.

Baiklah mungkin saya tidak akan panjang-panjang berbicara mengenai jala. Untuk itu saya langsung saja menjelaskan rumus membuat sebuah jala ikan seperti judul yang telah dituliskan diatas.


Rumus-Rumus Membuat Jala Ikan
Membuat sebuah jala harus memngetahui beberapa rumusnya agar jala yang dibuat makin kebawah makin lebar itulah jala yang disebut berhasil. Jika makin kebawah makin mengerucut / tidak lebar, maka itu dinamakan tidak berhasil. Agar pembuatan jala berhasil ketahui dulu rumus nya.

1. Buat pusar jala sebanyak 27 buhur dengan pang berukuran 6 cm.
2. Anyam 3 keliling lalu kecilkan pang 0.5 cm dan beri turang pertama.
3. Anyam 5 keliling kecilkan pang 0.5 cm turang kembali.
4. Anyam 7 keliling kecilkan pang 0.5 cm lalu turang kembali.
5. Anyam 9 Keliling kecilkan pang 0.5 cm lalu beri turang kembali.
6. Anyam 11 Keliling kecilkan pang 0.5 cm lalu turang lagi.
7. Anyam 13 Keliling kecilkan pang 0.5 cm lalu turang kembali.

Jika sudah selesai membuat sampai turang 7 maka jala tersebut hampir siap. Jadi buatlah atau anyam kembali beberapa keliling dibwah turang terakhir minamal 50 keliling untuk sasaran ikan tanpa menurang kembali. Jika sudah, maka pembuatan daun jala selesai silahkan diberi pemberat.

Begitulah rumus membuat sebuah jala ikan. Mungkin bagi pemula agak binggung memahami caranya tanpa melihat praktek langsung. Bagi anda yang kurang mengerti / tidak paham dengan rumus yang saya buat diatas silahkan bertanya dengan mengisi kolom komentar dibawah ini. Terima Kasih!!

4 comments for "Rumus Membuat Jala Ikan"

  1. Yang di maksud dengan buhur itu apa..? Maksud anyam 3 keliling gimana itu..?

    ReplyDelete
  2. Buhur itu adalah ikatan pertama mas, dibuat sebanyak 27.

    Ayam itu buat kebawah sebanyk 3 keliling, setelah itu di turang.

    Turang adalah penambahan mata jala, biar makin kebawah makin mengembang.

    Untu lebih jelasnya akan saya buatkan tutorialnya di chanel Youtube saya. Silahkan kunjungi di link berikut ini

    https://www.youtube.com/channel/UCrMmfOsBDuHjjM9-Leef6yw/videos?disable_polymer=1

    ReplyDelete
  3. Misi gan mo tanya.. sy beli jala ukuran 3m . Tp g bs mekar . Itu kendala apa ya . Trmksh

    ReplyDelete
  4. Kecilkan pang itu ape maksudnya..

    ReplyDelete